Logo Bloomberg Technoz

Erick Thohir: 70% Dapen BUMN dalam Kondisi Sakit

Mis Fransiska Dewi
03 October 2023 15:21

Jaksa Agung ST Burhanuddin dan Menteri BUMN Erick Thohir. (Bloomberg Technoz/Sultan Ibnu)
Jaksa Agung ST Burhanuddin dan Menteri BUMN Erick Thohir. (Bloomberg Technoz/Sultan Ibnu)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Menteri BUMN Erick Thohir mengatakan, mayoritas dana pensiun atau dapen BUMN berada dalam kondisi sakit. Temuan ini juga yang berujung pada dilaporkannya sejumlah dapen BUMN ke Kejaksaan Agung (Kejagung) terkait dugaan tindak pidana korupsi.

Erick Thohir menjelesakan, pihaknya telah mendapatkan temuan 34 dari total dapen BUMN berada dalam kondisi sakit. Jumlah ini setara 70% dari total dapen BUMN.

Oleh karena itu, Menteri BUMN Erick Thohir menyampaikan kepada Jaksa Agung terdapat indikasi penyelewengan dana. Kemudian, Jaksa Agung dan Kementerian BUMN bersepakat untuk menindaklanjuti temuan itu ke Badan Pengawasan Keuangan & Pembangunan (BPKP) untuk dilakukan audit terhadap angka atau jumlah kerugian.

"Kami mengapresiasi komitmen Jaksa Agung untuk menuntaskan [perkara] oknum-oknum yang merugikan para pensiunan tanpa pandang bulu," jelas Erick, Selasa (3/10/2023).

Saat ini, proses audit sudah dilakukan terhadap 4 Dana Pensiun BUMN yaitu Angkasa Pura I, Perhutani, PTPN, dan ID Food. Dari hasil audit tersebut, ditemukan kerugian kurang lebih senilai Rp314 miliar. Namun, angka itu bisa jadi lebih besar.