Logo Bloomberg Technoz

Pengiriman Tesla Turun Efek Penutupan Sebagian Pabrik

News
02 October 2023 21:40

Mobil Tesla (Sumber: Bloomberg)
Mobil Tesla (Sumber: Bloomberg)

Dana Hull—Bloomberg News

Bloomberg, Tesla Inc., perusahaan produsen mobil listrik asal AS milik Elon Musk hanya mampu menjual 435.059 unit pada kuartal ketiga secara global. Angka ini turun untuk pertama kalinya dalam periode lebih dari setahun.

Penjualan tersebut di bawah ekspektasi. Beberapa analis Wall Street sebelumnya telah memangkas estimasi pengiriman mereka dalam beberapa hari terakhir, dan konsensus yang dikumpulkan oleh Bloomberg berada di 456.722 pada hari Jumat. Artinya capaian yang diumumkan Senin jauh lebih buruk. Pada kuartal sebelumnya, Tesla masih bisa menjual 466.140 mobil listrik.

Perusahaan memang sudah mengatakan bahwa penjualan akan menurun pada periode itu karena penutupan sebagian pabrik yang tengah dipersiapkan untuk membuat renovasi sedan Model 3 serta Cybertruck, jenis produk terbaru yang akan dirilis. 

Cybertruck Tesla (Sumber: Tesla)

Para analis masih memperkirakan Tesla akan memproduksi dan menjual lebih dari 1,8 juta mobil pada tahun 2023, yang merupakan rekor tertinggi perusahaan.

“Target volume 2023 kami sekitar 1,8 juta kendaraan tetap tidak berubah,” kata perusahaan itu dalam sebuah pernyataan. Dalam bursa perdagangan, Saham Tesla turun 3,8% di pasar premarket pada pukul 9:05 pagi waktu New York.