Logo Bloomberg Technoz

Bank sentral AS atau the Federal Reserve tetap mempertahankan suku bunga pada Rabu lalu, namun mengisyaratkan kenaikan dalam waktu lebih lama. Kuncinya, saat suku bunga lebih tinggi, cenderung mengurangi daya tarik aset-aset berisiko.

Pergerakan harga Bitcoin sepanjang 2023 hingga akhir September. (Dok: Bloomberg)

“Sikap hawkish Federal Reserve telah meningkatkan kekhawatiran investor, yang menyebabkan penurunan di pasar aset tradisional dan digital,” kata Hosam Mahmoud, analis riset di CCData.

Selama sembilan minggu yang berakhir pada pertengahan September, investor menarik hampir setengah miliar dolar atas  mata uang kripto, menurut sebuah laporan dari CoinShares. Bitcoin mencakup 85% dari arus aset yang keluar, atau sekitar mencapai US$45 juta. 

Pada Kamis, Komisi Sekuritas dan Bursa AS (Securities and Exchange Commission) kembali menunda keputusan tentang proposal ETF Bitcoin spot dari BlackRock Inc. Hal yang terjadi  hanya beberapa hari setelah mereka menunda keputusan yang sama untuk Ark 21Shares dan GlobalX hingga Januari. 

Bitcoin (Sumber: Bloomberg)

“Investor saat ini bersemangat tentang kemungkinan ETF Bitcoin yang mendorong gelombang permintaan baru. Beberapa tahun yang lalu, itu akan sangat membantu, karena sulit untuk memiliki kripto, tetapi sekarang tidak sesulit itu,” kata Peter Tchir, kepala strategi makro Brean Capital.

“Hal ini masih belum terwujud dan mungkin ada keraguan bahwa akan terjadi, setidaknya dalam waktu dekat.” Meski demikian, isu penutupan pemerintah federal AS membuat beberapa pendukung Bitcoin memprediksi rally atas aset digital.

Mirip dengan yang terjadi sebagai respons terhadap krisis bank regional awal tahun ini. Pada Maret, Bitcoin melonjak sekitar 25% selama periode satu bulan, ketika tiga bank kecil AS mengalami kegagalan dalam waktu lima hari.

“Ada tanda-tanda fase korektif Bitcoin semakin matang,” kata Will Tamplin, analis senior Fairlead Strategies.

“Bitcoin telah melewati rata-rata pergerakan 50 hari dan mencerminkan momentum yang lebih baik dari kondisi oversold.”

(wep)

No more pages