Logo Bloomberg Technoz

KKB Rilis Video Pilot Susi Air, Polisi Beri Tanggapan

Ezra Sihite
15 February 2023 12:27

Pilot Susi Air dalam video yg disebarkan Oleh TPNPB. (Istimewa)
Pilot Susi Air dalam video yg disebarkan Oleh TPNPB. (Istimewa)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) pimpinan Egianus Kogoya membagikan video keberadaan pilot Susi Air, Kapten Philip Mark Martens yang hilang kontak sejak Selasa (7/2/2023). Dalam video berdurasi dua menit 51 detik tersebut, Tentara Pembebasan Nasional Papua Barat (TPNPB) menunjukkan pilot berkebangsaan Selandia Baru tersebut berada di tengah militan organisasi Papua Merdeka (OPM) dan meminta perhatian dunia internasional.

Kepala Bidang Humas Kepolisian Daerah (Polda) Papua, Komisaris Besar Ignatius Benny Ady Prabowo tak berkomentar banyak tentang pernyataan Philip dalam video tersebut. Dia mengatakan, kepolisian dan TNI masih berfokus pada upaya pencarian dan penyelamatan pilot.

"Yang pasti saat ini kita masih melakukan pencarian terhadap pilot yang dibawa KKB karena KKB ini Egianus memang adalah DPO (Daftar Pencarian Orang)," kata Benny Adi Prabowo saat dihubungi Bloomberg Technoz, Rabu (15/2/2023).

Pilot Susi Air Kapten Philip Mark Merthens saat bertugas (Tangkapan Layar video Twitter @susipudjiastuti)

Dia mengatakan bahwa setelah pesawat Susi Air dibakar oleh KKB, pilot tersebut menurut keterangan warga memang dibawa. Sementara 5 orang penumpangnya yang adalah warga lokal sudah kembali ke rumah masing-masing. Yang menjadi fokus polisi saat ini adalah mencari keberadaan pilot tersebut. Yang menjadi fokus penegak hukum pada saat ini adalah memastikan keberadaan warga sekitar aman karena menurut polisi, warga lokal juga mengalami ketakutan. Selain itu pencarian berlanjut.

"Nanti kalau sudah ketemu baru kita lihat, pencarian masih berlangsung," katanya.