Logo Bloomberg Technoz

Megawati Singgung Bea Masuk Gandum, Gimana Gerak Sahamnya?

Pramesti Regita Cindy
29 September 2023 19:20

Ilustrasi gandum (Sumber: Bloomberg)
Ilustrasi gandum (Sumber: Bloomberg)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Ketua Umum Dewan Pimpinan Pusat Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (DPP-PDIP) Megawati Soekarnoputri sempat menyinggung ketergantungan RI terhadap gandum dan meminta Presiden Joko Widodo (Jokowi) untuk menetapkan bea masuk pada komoditas tersebut.

Hal tersebut disampaikan Megawati langsung di hadapan Jokowi pada Rapat Kerja Nasional ke-IV PDIP di Jakarta International Expo, Jumat (29/9/2023). Megawati mengklaim dirinya tak anti terhadap gandum karena ia hamburger dan mi, tetapi RI seharusnya mulai mengurangi ketergantungan pada komoditas tersebut karena tak bisa ditanam di Tanah Air dengan memberlakukan bea masuk impor.

"Saya minta tolong lagi sama Pak Presiden, saya dapat info dan tolong diperhatikan dan dilihat bahwa bea masuk impor gandum 0%," kata Megawati, Jumat (29/9/2023).

Ketua Umum PDIP ini juga mengatakan, pertumbuhan konsumsi gandum di Indonesia sangat tinggi, meski tak bisa ditanam di dalam negeri. berdasarkan data, konsumsi gandum dalam negeri hanya 4% pada 1970 yang kemudian naik menjadi 28% pada 2022. 

"Indonesia mengalami ketergantungan dan konsumsi gandum diperkirakan meningkat 50% pada 2030," lanjut Megawati.

Harga Saham Emiten Consumer Goods