Logo Bloomberg Technoz

Fine Dining 'Murah Meriah', Daya Tarik Baru Pariwisata Thailand

News
29 September 2023 12:45

Restoran fine dining di Thailand. (Sumber: Bloomberg)
Restoran fine dining di Thailand. (Sumber: Bloomberg)

Karen Leigh and Janine Phakdeetham - Bloomberg News

Bloomberg, Koki Thitid Tassanakajohn pertama kali membuka restoran fine dining Thai-nya, Le Du, di Bangkok pada tahun 2013. Set menu yang berisi empat hidangan dihargai 990 bath (Rp419 ribu). 

Harganya memang lebih terjangkau dibandingkan dengan restoran fine dining di seluruh dunia, tapi menjadi sebuah keuntungan di Thailand yang selama beberapa dekade dikategorikan sebagai surga jajanan kaki lima.

Tassanakajohn diberitahu bahwa dia dipaksa untuk tutup dalam beberapa bulan karena menjual makanan dengan harga yang mahal untuk makanan yang dibuat dari bahan lokal. Dengan hidangan yang serupa, makanan serupa dijual dengan harga kurang dari satu dolar oleh para pedagang yang berjualan di trotoar.

Tentu saja, sang koki berhasil. Le Du saat ini memiliki satu bintang Michelin, dan Tassanakajohn memiliki restoran kedua yang diberi nama Nusara. Restoran klasik Thai ini—diberi nama sesuai dengan neneknya dan berlokasi di dekat istana kerajaan—berada di peringkat ke-3 dalam daftar Asia’s 50 Best Restaurants.