Logo Bloomberg Technoz

“Meski ada kenaikan biaya, mobil masih menjadi alat transportasi utama di banyak kota. Orang-orang bahkan menjadi terbiasa menggunakan mobil, terutama mereka yang pindah rumah ke tempat yang lebih jauh,” kata Andy Marchant dari TomTom.

Walikota London Sadiq Khan memperluas wilayah yang mengenakan biaya tinggi untuk mobil yang menghasilkan polusi. Kemacetan dan jenis mobil yang digunakan membuat warga London menghasilkan lebih banyak polusi dibandingkan kota lain, menurut TomTom.

Kemacetan juga membuat biaya berkendara di Hong Kong jadi yang termahal. 

Claire McDonald dari Mums for Lungs mendesak warga untuk beralih dari mobil. “Lebih baik menggunakan transportasi alternatif,” tegasnya.

Kendaraan Listrik

Penggunaan kendaraan listrik bisa menghemat lebih dari separuh pengeluaran jika menggunakan slow charging. Kalau menggunakan fast charging, biayanya sekitar GBP 500 (Rp 9.178.677,5) per tahun.

“Apabila Anda menggunakan kendaraan listrik, maka biayanya memang lebih murah. Namun kalau Anda melihat harga kendaraan listrik, maka bisa terbalik,” kata Marchant.

Sumber: Bloomberg

Untuk mobil diesel, London menjadi kota dengan biaya termahal, mencapai GBP 2.334 (Rp 42.846.066,57) pada 2022. 

Laporan TomTom juga menyebut bahwa warga London kehilangan waktu 5,5 hari akibat kemacetan tahun lalu. Kecepatan rata-rata saat macet hanya 14 km/jam.

(bbn)

No more pages