Logo Bloomberg Technoz

Tiga Instruksi Jokowi Soal Penyelesaian Konflik Rempang Eco City

Pramesti Regita Cindy
25 September 2023 22:10

Presiden Joko Widodo atau Jokowi. (Dok. Bloomberg)
Presiden Joko Widodo atau Jokowi. (Dok. Bloomberg)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Presiden Joko Widodo atau Jokowi memberikan tiga instruksi kepada Menteri Investasi Bahlil Lahadalia dalam upaya menyelesaikan polemik pembangunan Proyek Strategis Nasional (PSN) Rempang Eco City di Pulau Rempang, Batam, Kepulauan Riau. 

Menurut Bahlil, presiden meminta penyelesaian polemik relokasi warga Pulau Rempang dan pelaksanaan PSN ditempuh dengan jalur yang teduh. Jokowi meminta tak ada lagi polemik atau konflik yang menimbulkan pemberitaan dan kabar negatif dari salah satu PSN prioritas tersebut.

“Kami (BPKM) ditunjuk bapak Presiden untuk menyelesaikan berbagai dinamika yang ada di rempang. Ini penting agar tidak ada pemberitaan yang simpang siur,” ungkap Bahlil dalam Konfrensi Pers Percepatan Pengembangan Investasi Ramah Lingkungan di Kawasan Rempang Kota Batam, di Gedung Nusantara BPKM Jakarta, Senin (25/9/2023).

Dia memaparkan, Jokowi setidaknya memberikan tiga instruksi yang menjadi acuan dalam penyelesaian polemik antara pemerintah dan warga Pulau Rempang. Instruksi pertama, kata dia, presiden ingin polemik ini dapat diselesaikan secara kekeluargaan atau mengedepankan kepentingan masyarakat sekitar. 

Bahlil menerjemahkan instruksi ini dengan turun dan berkomunikasi langsung dengan masyarakat Pulau Rempang. Dalam pertemuan-pertemuan tersebut, dia juga coba mendengar seluruh keluh kesah dan keinginan warga lokal tersebut.