Logo Bloomberg Technoz

Brasil Siapkan Sistem Energi Ramah Ekologi termasuk Pasar Karbon

News
24 September 2023 18:30

Menteri Keuangan Brasil Fernando Haddad (Bloomberg/Bing Guan)
Menteri Keuangan Brasil Fernando Haddad (Bloomberg/Bing Guan)

Martha Beck-Bloomberg News

Bloomberg, Brasil kini sedang mengembangkan sistem energi berikut alat dalam rangka transformasi bidang ekologi. Hal itu disampaikan Menteri Keuangan Fernando Haddad yang memperkirakan alat tersebut akan siap pada akhir tahun 2023.

Rencana ramah lingkungan tersebut juga mencakup penciptaan pasar karbon yang diatur, penerbitan obligasi pemerintah yang terkait proyek-proyek sosial dan lingkungan hidup. Langkah-langkah ini secara bertahap mengakhiri subsidi bahan bakar fosil. Hal ini juga dirancang untuk meningkatkan perekonomian Brasil dengan memulai transisi ramah lingkungan di negara perekonomian terbesar di Amerika Latin itu.

Sementara itu Presiden Brasil Luiz Inacio Lula da Silva membahas rencana tersebut dengan Presiden AS Joe Biden pekan lalu di New York. Kedua negara bahkan akan mulai mengadakan pertemuan pada minggu depan untuk mencari kerja sama dalam inisiatif ramah lingkungan, kata Haddad dalam sebuah acara yang dia hadiri di Universitas Sao Paulo pada hari Sabtu.

“Kami sedang mempelajari dan membicarakannya dengan pemerintah Amerika, pada akhir tahun ini yakni sebuah perjanjian kerja sama yang akan melibatkan penelitian, investasi dan perdagangan,” kata Haddad.