Logo Bloomberg Technoz

Katanya Untuk UMKM, Tapi Saham & Produk Dagang-el Banyak Asing

Sultan Ibnu Affan
16 September 2023 15:00

Ilustrasi belanja online (Dok. Envito)
Ilustrasi belanja online (Dok. Envito)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Kementerian Koperasi, Usaha Kecil dan Menengah (Kemenkop UKM) menyebut bahwa produk dalam platform dagang elektronik (e-commerce) di Indonesia didominasi dimiliki oleh pihak asing.

Deputi Bidang UKM Kemenkop UMK Hanung Harimba Rachman mengatakan, kepemilikan asing dalam platform dagang-el di Indonesia mencapai 56%.

"Saya bilang tidak khusus Tiongkok, pokoknya asing, itu 56%. Ini kepemilikannya, ya. Kalau barangnya lebih banyak lagi. Kalau asing jauh lebih banyak," ujar Hanung di sela diskusi yang bertajuk  'Nasib UMK Ditengah Gemerlap Social Commerce' secara virtual, Sabtu (16/9/2023).

Hanung menjelaskan, dominasi kepemilikan asing tersebut sangat berdampak terhadap produk UMKM lokal. Dia mencontohkan, salah satunya pada produk komestik lokal, yang merosot sekitar 50% dalam dua tahun.

"Untuk yang [produk] kosmetik, 2 tahun yang lalu itu 80% produk kosmetik kita dijual di e-commerce. Sekarang, 2 tahun kemudian itu hanya tinggal 40%. Jadi hanya tinggal separuhnya. Contoh itu, belum yang lainnya,"