Logo Bloomberg Technoz

Parlemen Amerika Cemas Pekerjaan Bidang Teknologi Diganti oleh AI

News
14 September 2023 08:20

Teknologi Robot (Dok Unsplash)
Teknologi Robot (Dok Unsplash)

Josh Eidelson dan Dina Bass—Bloomberg News

Bloomberg, Peran pada sebuah pekerjaan di wilayah Amerika Serikat (AS) disinyalir sebagian telah digantikan oleh teknologi keceradasan buata (artificial intelligence/AI). Hal ini yang membuat anggota parlemen dari Partai Demokrat mendesak banyak perusahaan teknologi terkemuka untuk jujur dan membuka realisasi “pekerjaan hantu”.

Perusahaan teknologi tersebut berjumlah sembilan entitas, termasuk Amazon.com Inc, Alphabet Inc, Meta Platforms Inc, Microsoft Corp, dan International Business Machines Corp.

Pekerjaan yang dimaksud mengacu fungsi yang tidak lagi dikerjakan oleh manusia dan digantikan dengan teknologi. “Pekerjaan hantu” seperti label pada data dan memberi rating dan menjadi bagian penting dari tren AI.

"Terlepas dari sifat esensial dari peran ini, jutaan pekerja bidang data di seluruh dunia melakukan tugas-tugas dengan penuh tekanan di bawah pengawasan yang konstan, dengan upah rendah dan tanpa tunjangan,” kata sekelompok anggota parlemen yang dipimpin oleh Senator Massachusetts Ed Markey dan Perwakilan Washington Pramila Jayapal menulis pada Rabu (27/3/2023).