Logo Bloomberg Technoz

Singapura Umumkan Impor Bersyarat Listrik Bersih 2 GW dari RI

Sultan Ibnu Affan
08 September 2023 14:58

Pelancong tengah melintas di Jewel Changi Airport Singapura (Lauryn Ishak/Bloomberg)
Pelancong tengah melintas di Jewel Changi Airport Singapura (Lauryn Ishak/Bloomberg)

Bloomberg Technoz, Jakarta – Otoritas pemerintahan Singapura mengumumkan telah memberikan persetujuan resmi untuk melakukan impor listrik bersih sebesar 2 gigawatt (GW) dari Indonesia.

Hal itu disampaikan oleh Menteri Ketenakerjaan sekaligus Wakil Menteri Perdagangan dan Industri Singapura, Tan See Leng, di sela acara Indonesia Sustainable Forun (ISF) pada Jumat (8/9/2023).

"Saya dengan bangga mengumumkan bahwa Otoritas Pasar Energi Singapura atau EMA telah memberikan persetujuan bersyarat untuk impor 2 GW listrik rendah karbon dari Indonesia ke Singapura," ujar Tan pada kesempatan tersebut.

Setelah itu, Tan mengatakan Pemerintah Singapura akan melakukan penandatangan nota kesepahaman atau memorandum of understanding (MoU) bersama Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Arifin Tasrif.

Dalam kesepakatan itu, ada 5 perusahaan Indoensia yang bakal bergabung, yakni 3 perusahaan yang tergabung dalam konsorsium Pacific Medco Solar Energy, PT Adaro Clean Energy Indonesia, dan PT Energi Baru TBS.