Logo Bloomberg Technoz

Jawa 9 & 10 Jadi PLTU Pertama RI yang Pakai Hidrogen, Amonia

Wike Dita Herlinda
08 September 2023 12:50

Ilustrasi teknologi hidrogen hijau dan tenaga surya. (Dok: Bloomberg)
Ilustrasi teknologi hidrogen hijau dan tenaga surya. (Dok: Bloomberg)

Bloomberg Technoz, Jakarta – Proyek pembangkit listrik tenaga uap (PLTU) Jawa 9 dan 10 digadang-gadang menjadi pembangkit pertama di Indonesia yang berteknologi hibrida dengan menggunakan bahan bakar amonia dan hidrogen hijau.

Termasuk dalam salah satu proyek strategis nasional (PSN), pembangkit berbasis ultra selective catalytic reduction (USCR) itu merupakan proyek bersama konsorsium anak usaha PT PLN (Persero) yaitu PT Indonesia Power (PIP), dengan PT Barito Pacific Tbk. (BRPT). Konsorsium tersebut bernama PT Indo Raya Tenaga (IRT).

Belum lama ini, proyek tersebut diketahui menggandeng perusahaan industri berat asal Korea Selatan, Doosan Enerbility Co. Ltd., untuk melakukan studi final optimasi amonia hijau sebagai bahan bakar pembangkit berkapasitas terpasang 2x1.000 megawatt (MW) itu.

Di sela pertemuan meja bundar antarbisnis di KTT Ke-43 Asean pekan ini, IRT dan Doosan sepakat untuk mengembangkan peta jalan dan perencanaan atas permintaan dan rantai pasok amonia hijau di Indonesia, seiring dengan mulai tingginya permintaan energi terbarukan tersebut.

“Ini merupakan bagian dari upaya manajemen Jawa 9 dan 10 untuk memperluas kapabilitasnya sebagai pembangkit hibrida yang mampu berbahan bakar amonia hijau [karena penerapan USCR untuk mengendalikan emisi NOx], serta menjawab tantangan dalam menciptakan permintaan dan rantai pasok amonia hijau,” papar IRT melalui keterangan resmi perusahaan, dikutip Jumat (8/9/2023).