Logo Bloomberg Technoz

Luhut Ungkap Elon Musk ke Indonesia pada Oktober, Bahas Starlink

Sultan Ibnu Affan
06 September 2023 12:35

Elon Musk. (Dok: Nathan Laine/Bloomberg)
Elon Musk. (Dok: Nathan Laine/Bloomberg)

Bloomberg Technoz, Jakarta – Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan mengungkapkan Elon Musk kemungkinan bakal bertandang ke Indonesia pada Oktober, tetapi bukan untuk membahas rencana investasi Tesla Inc.

Alih-alih, salah satu orang terkaya di dunia itu bakal membahas ihwal rencana kerja sama Starlink dengan PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk. atau TLKM. Starlink merupakan satelit orbit rendah atau low-earth orbit (LEO) besutan SpaceX, yang juga korporasi teknologi milik Musk.

“Ya kita lihat nanti kalau deal-nya selesai. Kita harapkan ya Oktober [Musk berkunjung ke Indonesia],” ujar Luhut ditemui di sela acara Bloomberg CEO Forum, Rabu (6/9/2023).

Terkait dengan kelanjutan negosiasi investasi Tesla sendiri, Luhut kembali menegaskan Musk sedang ‘memoratorium’ investasi raksasa kendaraan listrik tersebut di seluruh dunia, tidak hanya di Indonesia.

“Seperti yang saya bilang, mereka [Tesla] tidak akan investasi di mana saja, bukan hanya Indonesia. Kalau bilang di Malaysia, mereka hanya buka [cabang] untuk jualan mobil Tesla-nya,” ujar Luhut.