Logo Bloomberg Technoz

Pengelola Grup K-Pop BTS Siap Beli Perusahaan Label Rap Amerika

News
09 February 2023 16:46

Sumber: Bloomberg
Sumber: Bloomberg

Bloomberg Technoz, Jakarta - Hybe Co berencana membeli Quality Control, label musik rap yang berbasis di Atlanta, Amerika Serikat (AS). Perusahaan yang mengelola grup idola BTS itu ingin meningkatkan eksistensinya di pasar musik AS. 

Hybe menyampaikan rencananya pada Kamis (09/02/2023) untuk membeli QC Media Holdings, induk label, seharga 314 miliar won (Rp 3,8 triliun) pada Maret. Mereka juga akan menerbitkan 62,8 miliar won (Rp 752 miliar) saham baru kepada dua pendiri QC, Pierre "P" Thomas dan Kevin "Coach K" Lee.

Akuisisi tersebut menjadi kesepakatan besar terbaru Hybe di pasar AS setelah melakukan akuisisi Ithaca Holdings LLC senilai 1 miliar dolar AS (Rp 15 triliun) pada tahun 2021. Ithaca Holdings merupakan salah satu label paling sukses di dunia yang menaungi Justin Bieber dan Ariana Grande. Impresario musik Scooter Braun, yang sebelumnya memimpin Ithaca Holdings, sejak itu ditunjuk sebagai CEO Hybe America.

Menurut Braun dalam sebuah pernyataan, QC merupakan salah satu label independen paling signifikan di dunia. “Menambahkan genre hip-hop ke dalam strategi bisnis kami sangat penting untuk membangun masa depan Hybe. Akuisisi ini akan memberi artis label Quality Control eksposur yang lebih besar ke pasar Asia,” kata Hybe.

Perusahaan yang sebelumnya dikenal sebagai Big Hit Entertainment itu telah mencoba mendiversifikasi portofolio bisnisnya di luar BTS, yang menyumbang sekitar 60% dari pendapatan perusahaan.