Logo Bloomberg Technoz

ASEAN Sumbang 10% Perdagangan Digital Dunia di 2030

Krizia Putri Kinanti
04 September 2023 17:30

Ilustrasi perdagangan. (Dok: Bloomberg)
Ilustrasi perdagangan. (Dok: Bloomberg)

Bloomberg Technoz, Jakarta — Lili Yan Ing, Lead Advisor (South East Region) Economic Research Institute for ASEAN and East Asia (ERIA) menuturkan bahwa pada 2030 perdagangan digital dunia akan mencapai US$10 triliun.

“Pada 2030 perdagangan digital global akan mencapai US$10 triliun, dan 10 persennya akan disumbang oleh ASEAN," tuturnya pada Indonesia's ASEAN Chairmanship 2023, Senin (4/9/2023). Kontribusi ASEAN ditopang oleh populasi muda dan punya pemahaman digital (digital savy) yang mencapai 670 jiwa.

Sebanyak 460 juta jiwa populasi juga merupakan pengguna internet. “Masifnya pengguna yang paham akan digitalisasi membuat ASEAN menjadi prospektif dalam digital market dan juga sebagai pemain,” tuturnya.

Sementara, Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto mengatakan bahwa perekonomian ASEAN meningkat didukung juga akan diimplementasikannya ASEAN Digital Economy Framework Agreement (DEFA) dya tahun dari sekarang, saat Keketuaan ASEAN akan dipegang oleh Malaysia.

“Kawasan ASEAN memiliki sumber daya energi alami yang besar sehingga dapat mendorong permintaan energi global, dan ini merupakan keuntungan besar bagi ASEAN. Sebagai bagian dari sustainability, kita juga harus mendorong adanya carbon credit market di ASEAN. Kemudian, pekerjaan rumah kita ke depannya adalah mengembangkan industri hilir sebagai titik kunci dalam rantai pasok global,” jelasnya pada kesempatan yang berbeda.