Logo Bloomberg Technoz

Perusahaan Teknologi & Energi Saling Berebut Karyawan

News
04 September 2023 08:00

Ilustrasi. Pengumuman lowongan kerja di AS. (Dok:Bloomberg)
Ilustrasi. Pengumuman lowongan kerja di AS. (Dok:Bloomberg)

Ruth Liao dan David Pan—Bloomberg News

Bloomberg, Jose De Hoyos melakukan perekrutan di ladang minyak. Dia memulai karier dengan bertemu dengan para pekerja di Marcellus di Pennsylvania. Bulan ini, Anda akan menemukannya dengan senang hati di Odessa, Texas.

Namun, De Hoyos tidak berada di Permian untuk merekrut insinyur bidang rig gas atau pekerja lapangan untuk pengeboran. Sebaliknya, pendiri perusahaan konsultan mata uang kripto LFG Mining ini tengah bersiap berkarier di data center, bagian yang jarang dipandang dari seluruh bagian pada industri teknologi.

Ia menjanjikan gaji dan kondisi kerja yang lebih baik dengan karier dapat bertumbuh. “Kami akan melatih mereka dan membuat mereka mahir dalam penambangan Bitcoin dan pengaturan data center tradisional," kata De Hoyos, yang ingin memiliki 12 orang di tim untuk operasional di Pecos dan Odessa.

Meskipun bukan hal yang baru bagi pekerja energi untuk bermigrasi ke bidang teknologi —dengan Presiden Joe Biden mendorong penambang batu bara “belajar coding” — sama halnya dengan De Hoyos dan perekrut lainnya untuk memburu mereka di saat industri gas mengalami tantangan.