Logo Bloomberg Technoz

BMW Kenalkan Mobil Listrik Baru untuk Dongkrak Pasar China

News
03 September 2023 09:06

Kendaraan SUV hybrid BMW AG XM dipamerkan selama Seoul Mobility Show di Goyang, Korea Selatan (SeongJoon Cho/Bloomberg)
Kendaraan SUV hybrid BMW AG XM dipamerkan selama Seoul Mobility Show di Goyang, Korea Selatan (SeongJoon Cho/Bloomberg)

Wilfried Eckl-Dorna - Bloomberg News

Bloomberg, BMW AG memperkenalkan prototipe pertama dari jajaran kendaraan listrik masa depan mereka, sebagai tanda memulai tahap baru dalam upaya mengejar Tesla Inc. dan mempertahankan penjualan di pasar terpentingnya, China.

Konsep mobil Vision Neue Klasse, yang dipamerkan pada pameran IAA pekan depan di Munich, memperlihatkan landasan kendaraan listrik (EV) khusus BMW yang akan hadir pada tahun 2025 - sekitar saat Mercedes-Benz Group AG memperkenalkan model-model bertenaga baterai baru mereka. Masalah perangkat lunak menjadi salah satu faktor tertundanya, seperti yang dialami Volkswagen AG, yang memperlambat peluncuran Porsche dan Audi.

Dengan coupe yang elegan ini, BMW bergerak menjauh dari tradisi puluhan tahun untuk mengiklankan terutama performa 'mesin penggerak terbaik' mereka. Sebagai gantinya, mereka menawarkan tampilan digital yang diproyeksikan ke seluruh lebar kaca depan serta perangkat lunak yang dapat memproses perintah suara dan gerakan tangan. Langkah ini adalah penghargaan bagi pelanggan di China, yang semakin memilih merek-merek lokal seperti BYD Co. dan Nio Inc. yang lebih baik dalam membangun EV dengan fitur yang disesuaikan dengan selera lokal.

“Neue Klasse mengatur arah kami untuk beberapa dekade mendatang,” kata sang CEO Oliver Zipse.