Logo Bloomberg Technoz

Gerindra Sebut PKB Hengkang dari Koalisi Indonesia Maju

Pramesti Regita Cindy
01 September 2023 20:50

Ketua Harian DPP Partai Gerindra, Sufmi Dasco Ahmad. (Bloomberg Technoz/Pramesti Regita)
Ketua Harian DPP Partai Gerindra, Sufmi Dasco Ahmad. (Bloomberg Technoz/Pramesti Regita)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Ketua Harian DPP Partai Gerindra, Sufmi Dasco Ahmad mengatakan, petinggi Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) sudah menyatakan diri keluar dari Koalisi Indonesia Maju. Bahkan, Ketua Umum PKB, Muhaimin Iskandar sempat berencana meminta bertemu dengan Ketua Umum Partai Gerindra dan Capres Koalisi Indonesia Maju, Prabowo Subianto, hari ini.

Akan tetapi, kata dia, pertemuan tersebut batal karena tak menemukan kesepakatan waktu yang sama. Prabowo memiliki jadwal yang padat sehingga baru bisa bertemu dengan Muhaimin atau Cak Imin sekitar pukul 18.30 WIB. Akan tetapi, Cak Imin tak bisa dan menyatakan batal bertemu sekitar pukul 15.00 WIB.

Meski batal, Dasco mengatakan, utusan Muhaimin Iskandar telah menghubungi Partai Gerindra sekitar pukul 19.00 WIB. Dalam komunikasi tersebut, mereka menyatakan, PKB telah menerima koalisi atau kerjasama politik dengan Partai Nasdem.

"Karena itu dalam politik dinamika politik adalah hal yang biasa kami hormati langkah yang telah diambil oleh teman-teman PKB tanpa merasa beban apapun dan sudah kami ucapkan selamat berjuang semoga sama-sama sukses di pemilu 2024," kata Dasco saat konferensi pers di DPR, Jumat (1/9/2023).

Partai Nasdem sendiri adalah pengusung pertama mantan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan sebagai calon presiden untuk Pemilu 2024. Partai ini kemudian membentuk koalisi dengan Partai Demokrat dan PKS dengan nama Koalisi Perubahan untuk Persatuan atau KPP.