Logo Bloomberg Technoz

Krisis Populasi, Korsel Bakal Impor Asisten Rumah Tangga Asing

News
01 September 2023 11:55

Korea Selatan (Sumber: Bloomberg)
Korea Selatan (Sumber: Bloomberg)

Shinhye Kang dan Seyoon Kim - Bloomberg News

Bloomberg, Korea Selatan (Korsel) akan mengimpor asisten tenaga kerja (ART) asing mulai Desember 2023. Hal ini adalah cara untuk mengatasi kekurangan tenaga kerja di sektor ini saat Korsel menghadapi tingkat kesuburan terendah di dunia.

Kementerian Ketenagakerjaan Korsel mengungkapkan sebuah program percontohan di Seoul akan mengizinkan 100 pekerja asing untuk bekerja di bidang pengasuhan anak dan rumah tangga setidaknya selama enam bulan baik secara penuh waktu atau paruh waktu.

Program ini merupakan langkah terbaru Korsel untuk mengurangi kekurangan tenaga kerja dan meningkatnya beban ekonomi dalam membesarkan anak, faktor-faktor yang sering disebut sebagai penyebab tingkat kesuburan terendah di dunia.

Ilustrai seorang ibu dan anaknya di Korea Selatan. (Sumber: Bloomberg)

Korsel disebut mengalami masalah tingkat kesuburan terendah di dunia karena data jumlah anak yang diperkirakan akan dilahirkan oleh seorang wanita selama masa hidupnya turun ke level terendah 0,7 pada kuartal kedua dari 0,78 pada tahun 2022 dan 0,81 pada tahun 2021. Padahal angka rata-rata OECD adalah 1,58.