Logo Bloomberg Technoz

Korlantas AS Desak Tesla Segera Benahi Masalah Autopilot

News
30 August 2023 06:10

Interior mobil listrik Tesla Model Y yang diluncurkan di Kuala Lumpur, Malaysia, Kamis (20/7/2023). (Samsul Said/Bloomberg)
Interior mobil listrik Tesla Model Y yang diluncurkan di Kuala Lumpur, Malaysia, Kamis (20/7/2023). (Samsul Said/Bloomberg)

Keith Laing - Bloomberg News

Bloomberg, Tesla Inc. tengah diawasi ketat oleh regulator federal terkait dengan sistem bantuan pengemudi yang dikenal sebagai Autopilot. Para penyelidik ingin mencari tahu apakah produsen mobil listrik top Amerika Serikat (AS) itu telah mempermudah pengemudi untuk melepaskan tangan mereka dari setir.

Administrasi Keselamatan Lalu Lintas Jalan Raya Nasional AS mengunggah sebuah surat yke situs badan tersebut pada Selasa (29/8/2023) waktu setempat.

Mereka mengatakan telah mengetahui Tesla “memperkenalkan konfigurasi Autopilot yang, ketika diaktifkan, memungkinkan pengemudi menggunakan Autopilot untuk mengoperasikan kendaraan mereka untuk waktu yang lama tanpa perintah Autopilot guna menerapkan torsi ke roda kemudi.”

Surat badan tersebut, tertanggal 26 Juli, meminta Tesla merespons pada 25 Agustus demi mengatasi kemungkinan fitur tersebut dapat digunakan untuk menggagalkan upaya agar pengemudi tetap waspada dan siap untuk melanjutkan kendali penuh atas kendaraan.