Logo Bloomberg Technoz

Xi Jinping Desak Xinjiang Tindak Keras Kejahatan Agama

News
28 August 2023 08:50

Xi Jinping, Presiden China. (dok Bloomberg)
Xi Jinping, Presiden China. (dok Bloomberg)

Bloomberg News

Bloomberg, Presiden China Xi Jinping menegaskan para pejabat di Xinjiang untuk lebih mendorong asimilasi Muslim dan membatasi kegiatan keagamaan ilegal selama kunjungannya ke wilayah otonom tersebut pada Sabtu.

"Kita harus selalu memberikan prioritas tertinggi pada stabilitas sosial," kata Xi dalam pertemuan dengan pejabat pemerintah setempat di Urumqi. Ia menekankan pentingnya menjaga ketertiban dan perdamaian di Xinjiang dan memastikan stabilitas jangka panjang.

Sepanjang dekade terakhir, Xi telah memperkuat cengkeraman China di wilayah ini, yang menjadi rumah bagi jutaan Muslim Uyghur, dengan peningkatan pengawasan negara dan ekspansi program tenaga kerja paksa. China membantah telah melakukan pelanggaran hak asasi manusia di Xinjiang, menyebut tuduhan tersebut sebagai "kebohongan abad ini."

Stabilitas di Xinjiang juga kunci untuk meningkatkan pengembangan ekonomi lokal, kata Xi selama kunjungannya. Wilayah ini dapat mempromosikan industri berbasis sumber daya dan didorong untuk membangun lebih banyak taman industri pertanian dan energi matahari.