Logo Bloomberg Technoz

Perintah Kemendag untuk AHM Terkait Sasis eSAF Patah

Dovana Hasiana
25 August 2023 06:50

Ilustrasi penjualan sepeda motor Astra Honda Motor (AHM). (Bloomberg Technoz/ Andrean Kristianto)
Ilustrasi penjualan sepeda motor Astra Honda Motor (AHM). (Bloomberg Technoz/ Andrean Kristianto)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Kementerian Perdagangan (Kemendag) turut merespons viralnya sasis sejumlah motor Honda patah. Kemendag melalui Direktorat Jenderal Perlindungan Konsumen dan Tertib Niaga (PKTN) akan memanggil PT Astra Honda Motor (AHM).

Pemanggilan rencananya akan dilakukan dalam waktu dekat untuk meminta penjelasan dan tindak lanjut soal dugaan gampang karat dan keropos dari Sasis eSAF Honda. 

Sampai saat ini, direktorat memang belum menerima laporan secara khusus dari konsumen terkait sasis eSAF. Pihaknya masih sebatas mencermati perkembangan keluhan konsumen terkait sasis eSAF yang beredar melalui sosial media atau pemberitaan. 

“Kami akan memanggil dulu pihak AHM, dipanggil hari ini atau besok, tergantung agenda dari pihak sana kapan ada waktu untuk klarifikasi,” ujar Moga saat dihubungi Bloomberg Technoz, Rabu (23/8/2023). 

Kemendag, kata dia, akan meminta AHM untuk menindaklanjuti keluhan konsumen yang beredar. Namun sebelum itu, Moga mengatakan, AHM tentu perlu berdiskusi dengan kantor pusat atau principal di Jepang.