Logo Bloomberg Technoz

BI Klaim Penurunan Inflasi RI yang Tercepat di Dunia

Mis Fransiska Dewi
22 August 2023 19:15

Gubernur BI, Perry Warjioyo mengumumkan hasil RDG Bulanan Mei 2023. (Tangkapan Layar Youtube Bank Indonesia)
Gubernur BI, Perry Warjioyo mengumumkan hasil RDG Bulanan Mei 2023. (Tangkapan Layar Youtube Bank Indonesia)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Gubernur Bank Indonesia (BI) Perry Warjiyo mengklaim penurunan inflasi di Indonesia menjadi salah satu yang tercepat di dunia. Tingkat inflasi hingga bulan Juli, sudah turun hingga angka 3,08% dan angka ini diperkirakan  akan terus menurun.

"Inflasi (Indonesia) turun dengan cepat, salah satu yang tercepat di dunia," ujar Perry dalam acara High Level Seminar on Frameworks for Integrated Policy: Experiences and The Way-Forward, di Jakarta Selasa (22/8).

Perry menekankan pentingnya bauran kebijakan dalam mendukung stabilitas harga dan keuangan, sembari mendukung pertumbuhan ekonomi. Ia juga mengklaim performa ekonomi Indonesia merupakan salah satu yang terbaik di dunia terlebih pada kondisi pascapandemi Covid-19.

Perry mengungkapkan, pemulihan ekonomi Indonesia yang berjalan kuat hingga pertengahan tahun 2023. Hal ini didukung oleh kebijakan moneter maupun fiskal yang inovatif.

“Kebijakan kami sangat inovatif. Kami memiliki kerangka kerja penargetan inflasi. Kami juga menangani berbagai tantangan seperti aliran modal asing dan stabilitas sistem keuangan,” ujarnya.

Inflasi Indonesia kurun waktu 2017-2023 (Bloomberg)