Logo Bloomberg Technoz

Tips Hindari Mental Konsumtif, Jangan FOMO

Dovana Hasiana
22 August 2023 14:55

Ilustrasi tagihan paylater. (By Tirachard via Envato)
Ilustrasi tagihan paylater. (By Tirachard via Envato)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Kepala Eksekutif Pengawas Perilaku Usaha Jasa Keuangan, Edukasi dan Perlindungan Konsumen (PEPK) Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Friderica Widyasari Dewi menyebut faktor yang membuat pelajar dan ibu rumah tangga terjerat pinjaman online (pinjol) karena perilaku konsumtif dan adanya mental fear of missing out (FOMO).

Sementara psikolog dari Universitas Indonesia, Dian Wisnuwardhani mengatakan, perilaku konsumtif bermula dari keluarga. Seperti jika ingin sesuatu seperti makan, memilih untuk pesan, tidak diajarkan untuk masak sendiri.

“Kalau terbiasa dengan sesuatu yang instan, tentunya dia juga akan merasa ‘kenapa harus susah, kalau ada yang lebih mudah?’ Toh uangnya ada. Nah itu kan membantuk dia untuk menjadi konsumtif misalnya ‘yaudah kan gue juga punya uang, kenapa harus susah-susah’, atau kalau mau kemana-mana ‘yaudah tinggal pesan aja dan nanti bayar pake PayLater atau kredit, dibayarnya nanti. Itu dibentuk pertama dari keluarga,” kata Dian saat berbincang, Selasa (22/8/2023).

Hal-hal yang mungkin dianggap sepele tersebut mungkin semakin diperburuk oleh iklan-iklan terpampang di media dan lingkungan pertemanan. Karena Gen Z gampang meresap dan mempraktikan perilaku sosial yang terjadi di generasinya. 

“Karena kalau terlihat berbeda akan dikatakan sebagai orang yang aneh. Bisa juga karena paparan teknologi yang tinggi, mereka ke mana-mana menggunakan gadget, sehingga kelemahan mereka adalah emosi yang tidak stabil karena kurang berkomunikasi seara langsung,” kata Dian.