Logo Bloomberg Technoz

Spotify: Gen Z Cenderung Menyukai Lagu Sedih

News
22 August 2023 10:35

Ilustrasi Spotify. (dok Bloomberg)
Ilustrasi Spotify. (dok Bloomberg)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Spotify Technology SA menyebut dalam beberapa bulan terakhir sebagai “musim panas yang sedih” bagi para anak muda (Gen Z). Dikarenakan Gen Z lebih banyak mencari lagu/musik sedih daripada generasi lainnya.

Dalam sebuah pos blog yang dirilis spotify, Senin (21/8), kata “sad” menjadi istilah yang paling banyak dicari oleh Generasi Z di seluruh dunia. Dalam perbandingan, istilah tersebut merupakan istilah yang paling banyak dicari ke-13 bagi milenial. 

“Untuk mencocokkan suasana di AS dan Kanada,” Spotify telah menambahkan daftar lagu “sedih” baru dan memasang patung air mancur berbentuk penyanyi d4vd di Houston, Texas.

Menurut laporan Center for Disease Control youth risk behavior McKinsey & Co. Inc., peningkatan pencarian musik sedih oleh Generasi Z terjadi seiring semakin meningkatnya masalah kesehatan mental generasi muda. Hampir semua indikator masalah kesehatan mental yang buruk di kalangan siswa sekolah menengah meningkat dari tahun 2011 hingga 2021. Mereka juga menemukan bahwa Generasi Z memiliki pandangan hidup yang paling tidak positif.

Meningkatnya pencarian musik sedih sangat bertolak belakang dengan keriangan yang diberikan konser terbesar musim panas ini—Taylor Swift dan Béyonce. Para bintang pop ini membawa jutaan pendapatan pajak ke kota-kota di seluruh Amerika Utara, dan tur Taylor Swift tampaknya akan menghasilkan lebih dari US$1 miliar (Rp15,3 T).