Logo Bloomberg Technoz

Ciuman Presiden Federasi Bola Spanyol ke Pemain Wanita Dikecam

News
21 August 2023 19:35

Spanyol juara piala dunia wanita 2023. (Sumber: Bloomberg)
Spanyol juara piala dunia wanita 2023. (Sumber: Bloomberg)

Macarena Muñoz - Bloomberg News

Bloomberg, Presiden Federasi Sepak Bola Spanyol kecam setelah ia mencium salah satu pemain timnas sepak bola perempuan negara itu. Peristiwa itu terjadi setelah Spanyol untuk pertama kalinya dinyatakan sebagai juara di Piala Dunia Wanita 2023.

Saat perayaan kemenangan setelah final pada hari Minggu (20/8/2023) di Sydney, Luis Rubiales mencium salah seorang pemain bintang, Jennifer Hermoso, sambil memegang kepala Hermoso dengan tangannya. Hermoso kemudian mengatakan dalam sebuah video yang di-posting oleh pemain sepak bola soal ciuman itu.

Dia kemudian mengklarifikasi ucapannya dalam sebuah pernyataan yang dikirim oleh federasi kepada lembaga berita negara Spanyol, EFE. Dia dikutip mengatakan, "ciuman itu tindakan saling berbalas, sepenuhnya spontan karena kegembiraan luar biasa karena kemenangan Piala Dunia. Hubungan saya dengan presiden sangat baik, perilakunya terhadap kami semua luar biasa, dan itu adalah tindakan kasih sayang dan rasa terima kasih yang alami."

Namun, Rubiales mendapat kritikan keras atas ciuman yang direkam kamera yang mengalihkan perhatian dari performa tim dalam Piala Dunia. Perilaku itu memicu perdebatan nasional.