Logo Bloomberg Technoz

Menkeu dan Gubernur Bank Sentral ASEAN akan Kumpul, Myanmar Absen

Mis Fransiska Dewi
21 August 2023 17:15

Kepala Kebijakan, Regional & Bilateral Kemenkeu Yogi Rahmayanti & Direktur Departemen Internasional BI Iss Savitri (Mis Fransiska/Bloomberg Technoz)
Kepala Kebijakan, Regional & Bilateral Kemenkeu Yogi Rahmayanti & Direktur Departemen Internasional BI Iss Savitri (Mis Fransiska/Bloomberg Technoz)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Para menteri keuangan dan gubernur bank sentral negara-negara ASEAN akan melakukan pertemuan kedua dalam pekan ini sebagai rangkaian dari Keketuaan Indonesia ASEAN 2023. 

Mereka rencananya akan membahas berbagai isu antara lain terkait sistem pembayaraan, inklusi keuangan, hingga kalibrasi kebijakan makro dan perubahan Iklim.

Kepala Pusat Kebijakan, Regional, dan Bilateral dan Kementerian Keuangan Yogi Rahmayanti mengungkapkan, pertemuan kedua para menteri keuangan dan gubernur bank sentral ASEAN atau ASEAN Finance Ministers and Central Bank Governors Meeting (AFMGM) 2023 akan memberikan ruang bagi para menteri keuangan dan gubernur bank sentral untuk diskusi mengenai perkembangan perekonomian dunia yang berjalan cepat dan tidak dapat diprediksi. 

Adapun beberapa side events akan dipimpin Dana Moneter Internasional (IMF), Bank Indonesia (BI), Otoritas Jasa Keuangan (OJK), dan Asian Development Bank (ADB).

“Ada akibat perang Rusia Ukraina, kebijakan tingkat suku bunga di Amerika Serikat, lalu indikasi pelambatan ekonomi di China. Puncaknya pada Jumat dengan mengombinasi semua pertemuan,” ujar Yogi dalam media briefing di Jakarta Pusat, Senin (21/8/2023).