Logo Bloomberg Technoz

Isu Infrastruktur Hijau akan Dibahas di ASEAN Indo Pacific Forum

Krizia Putri Kinanti
18 August 2023 16:20

China dan negara-negara ASEAN di Pertemuan ASEAN PMC di Jakarta. (Dok. Kemlu RI)
China dan negara-negara ASEAN di Pertemuan ASEAN PMC di Jakarta. (Dok. Kemlu RI)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Indonesia bakal menjadi tuan rumah ajang ASEAN Indo Pacific Forum (AIPF) yang akan digelar di Hotel Mulia Jakarta pada 5-6 September 2023 mendatang.

Acara AIPF akan berlangsung bersamaan dengan KTT ASEAN. Adapun forum AIPF tersebut akan dihadiri oleh sejumlah eksekutif yang terkait dengan kegiatan ekonomi, lembaga keuangan internasional dan regional, pengusaha, BUMN, kepala negara.

“ASEAN Indo Pacific Forum adalah flagship event dari ASEAN Summit. Kegiatan ini merupakan kegiatan tidak terpisahkan rangkaian KTT periode keketuaan Indonesia di ASEAN 2023,” kata Wakil Menteri Luar Negeri Indonesia Pahala Mansury dalam Konferensi Pers Road to ASEAN SUMMIT secara daring, Jumat (13/8/2023).

Menurutnya, terdapat empat isu yang akan dibahas oleh pemimpin negara yakni terkait infrastruktur hijau, pembiayaan berkelanjutan (sustainability financing), digitalisasi dan ekosistem pembayaran. Serta dibahas juga bagaimana kawasan ASEAN dan Indo Pacific akan bisa membangun Kawasan pariwisata yang saling kolaborasi dan industri kreatif.

“Kita berharap forum ini akan bisa dihadiri oleh 900 peserta terdiri dari bukan hanya diskusi panel saja tetapi menghadirkan project-project showcasing, dan akan bisa menunjukkan kepada masyarakat dunia dan anggota Indo Pacific bahwa melalui kolaborasi akan bisa merealisasikan kawasan yang makmur, bertumbuh dan penuh perdamaian,” ujarnya.

Ia mengatakan bahwa dengan terselenggaranya AIPF ini  dapat membuahkan agenda yang konkrit dan memberikan manfaat kepada masyarakan karena Masyarakat ASEAN dan Indo Pacific memberikan kontribusi terhadap pertumbuhan dunia sekitar 65%.