Logo Bloomberg Technoz

Pasar Smartphone: Tantangan Permintaan & Konsumen ‘Ogah’ Upgrade

Yunia Rusmalina
21 August 2023 10:55

Pengguna smatphone di India. (dok Bloomberg)
Pengguna smatphone di India. (dok Bloomberg)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Industri smartphone tahun ini menghadapi tantangan besar akibat turunnya permintaan. Bahkan diprediksi sepanjang tahun ini total pengiriman smartphone dunia menjadi yang terendah dalam 10 tahun atau satu dekade terakhir.

Angka penjualan yang menurun telah diprediksi sejak awal tahun oleh International Data Corporation (IDC) Worldwide Quarterly Mobile Phone Tracker. IDC menebak penurunan setelah melihat hasil penjualan pada akhir kuartal tahun lalu, dimana angkanya turun 18% menjadi hanya 300 juta unit.

Dalam laporan IDC pasar smartphone tahun ini akan turun 3,2% dengan estimasi penjualan 1,17 miliar unit dibanding posisi sebelumnya 1,2 miliar unit. Dalam lima tahun mendatang pertumbuhan smartphone juga kecil dengan estimasi 1,35 miliar pada akhir 2027.

IDC menegaskan lesunya permintaan dari konsumen di tengah gejolak makro. Beberapa produsen juga relatif bermain pada segmen yang sudah mereka kuasai. Anthony Scarsella, Direktur Riset IDC's Worldwide Mobile Device Trackers mengatakan, “stok [smartphone] yang meningkat terjadi di tengah kurangnya permintaan telah memukul pasar smartphone lebih dari yang diperkiraan awal. Produsen sebagian besar bermain aman atas portofolio mereka.”

Counterpoint Research juga menurunkan laporan terbaru bulan Agustus, dimana pasar smartphone dunia akan turun 6% sepanjang 2023 ini. Di sisa tahun produsen mungkin tidak mampu mendongkrak performa mereka akibat ekonomi dunia tengah lesu.