Logo Bloomberg Technoz

Smartphone Infinix Laku di Tengah Penjualan Smartphone yang Turun

Yunia Rusmalina
21 August 2023 09:35

Ilustrasi Penjualan Smartphone (Sumber: Bloomberg)
Ilustrasi Penjualan Smartphone (Sumber: Bloomberg)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Lembaga riset Counterpoint Research pada rilis laporanya sepanjang kuartal II-2023 brand Infinix bertumbuh paling cepat dari sisi pengiriman smartphone di Indonesia. Sepanjang periode tersebut total pengiriman smartphone sejatinya turun hingga 10% secara year-on-year (YoY).

Secara makro penurunan pengapalan smartphone disebabkan oleh hambatan ekonomi makro, hingga berdampak pada lesunya permintaan. Febriman Abdillah analis senior Counterpoint dalam pernyataan tertulisnya, berharap pemulihan ekonomi makro akan berlanjut di sisa tahun sehingga mampu memperbaiki pasar smartphone di Indonesia.

“Harga menjadi lebih krusial mengingat iklim ekonomi makro saat ini yang telah meningkatkan harga komoditas. Memberikan insentif kepada konsumen, seperti diskon, penawaran paket, bonus, dan skema tukar tambah, dapat menjadi salah satu pilihan untuk menjaga daya tarik pasar. Insentif tersebut bahkan mungkin relevan untuk segmen kelas menengah dan premium,” ungkap Febriman.

Counterpoint menjelaskan peningkatan aktivitas belanja pada hari raya Idul Fitri di bulan April juga lebih rendah dibandingkan tahun lalu.

Ragam promosi seperti pemberian diskon harga, penawaran paket cicilan dan tukar tambah dinilai gagal memberikan dampak pada penjualan.