Logo Bloomberg Technoz

Pasar Smartphone Indonesia Lesu Efek Brand Naikkan Harga Jual

Yunia Rusmalina
16 August 2023 16:40

Oppo (Qilai Shen/Bloomberg)
Oppo (Qilai Shen/Bloomberg)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Ketua Asosiasi Pengusaha Seluler Indonesia (ASPI) Hasan Aula menyatakan permintaan smartphone di Indonesia sepanjang tahun hingga akhir semester I mengalami penurunan, ditopang oleh lesunya permintaan pada segmen konsumen menengah bawah.

Hasan menyatakan bahwa harga jual smartphone pada segmen ini mengalami peningkatan. Hal ini menjadikan konsumen menahan untuk berbelanja. Konsumen smartphone tidak memiliki kemampuan membayar dengan tingkat harga terbaru tersebut.

“Hal tersebut disebabkan karena  beberapa brand principle juga mulai menaikan segmentasi produk untuk mendapatkan pendapatan lebih baik dan harga jual yang tinggi,” ungkap Hasan Aula kepada Bloomberg Technoz, Rabu (16/08/2023).

Pada segmen konsumen yang lebih tinggi, Hasan menyebut, justru mengalami perbedaan perilaku. Mereka cenderung melakukan upgrade perangkat smartphone mereka ke seri terbaru. Konsumen menengah atas tidak terpengaruh dengan harga yang lebih tinggi, asalnya mendapatkan spesifikasi perangkat lebih baik.

Dengan terus berkembangkan teknologi dan fitur pada smartphone, lantas mendorong kenaikan harga cukup tinggi. Pasalnya kebutuhan perangkat hardware, misalkan kapasitas penyimpanan dan cip processor, juga harus lebih besar.