Logo Bloomberg Technoz

Harta Pemilik Mobil Listrik Vietnam Melonjak Rp592 Triliun

News
16 August 2023 17:40

Pham Nhat Vuong, pemilik produsen mobil listrik Vietnam,VinFast Auto Ltd. (Dok: Bloomberg)
Pham Nhat Vuong, pemilik produsen mobil listrik Vietnam,VinFast Auto Ltd. (Dok: Bloomberg)

Anders Melin-Bloomberg News

Bloomberg, Saham produsen mobil listrik asal Vietnam, VinFast Auto Ltd., naik 255% pada hari Selasa (16/8/2023), saat mereka memulai pencatatan perdana di Nasdaq Global Select Market. Kapitalisasi pasar perusahaan berada di atas raksasa industri otomotif dunia, seperti General Motors (GM) dan Mercedes-Benz Group AG.

Kenaikan kapitalisasi pasar VinFast mendorong kenaikan kekayaan bersih pemilik sekaligus taipan Pham Nhat Vuong, yang juga menduduki posisi chairman. Dalam debut saham itu Kekayaan Vuong bertambah US$39 miliar atau setara Rp592,8 triliun (asumsi Rp15.200/US$). Kini kekayaannya mencapai US$44,3 miliar, menurut Bloomberg Billionaires Index.

Dengan posisinya saat ini, kapitalisasi pasar VinFast enam kali lebih besar dari produsen mobil listrik China,, XPeng Inc, yang juga telah go public di bursa Amerika Serikat pada tahun 2020.

SUV listrik VF 8 VinFast akan dikirim dari Haiphong. (Linh Pham/Bloomberg)

VinFast adalah contoh perusahaan yang diperdagangkan secara terbatas namun melonjak pada debutnya setelah menyelesaikan merger dengan perusahaan akuisisi dengan tujuan khusus. Reli harga terjadi signifikan dalam beberapa sesi perdagangan sebelum proses merger tuntas. Dengan demikian kekayaan Vuong mungkin juga ikut terdongkrak dan hanya bertahan dalam waktu singkat.