Logo Bloomberg Technoz

Memulai Debut di Nasdaq, Produsen Mobil Listrik VinFast Melesat

News
16 August 2023 07:45

Ilustrasi mobil listrik VinFast buatan perusahaan otomotif Vietnam. (Dok: Bloomberg)
Ilustrasi mobil listrik VinFast buatan perusahaan otomotif Vietnam. (Dok: Bloomberg)

Nguyen Kieu Giang dan Sean O'Kane - Bloomberg News

Bloomberg, VinFast Auto Ltd. mengalami kenaikan harga pada hari pertama perdagangannya di bursa New York. Produsen mobil listrik asal Vietnam ini ingin meningkatkan profilnya dan bersaing dengan produsen mobil yang telah mapan.

Saham perusahaan naik 255% pada hari Selasa (15/8/2023) waktu New York, dan memberi perubahan nilai pasar menjadi lebih dari US$85 miliar, namun masih jauh di bawah dua pemain utama otomotif Amerika Serikat (AS), Ford Motor Co. jugaGeneral Motors Co.

VinFast, dengan simbol VFS, memulai debutnya di Nasdaq Global Select Market pasca menyelesaikan merger dengan perusahaan blank-check, Black Spade Acquisition Co. senilai US$23 miliar. VinFast mendapat dukungan dari orang terkaya di Vietnam, yang menambahkan puluhan miliar dolar sebagai pundi-pundi harta dari keuntungan hari pertama VinFast.

Pencatatan saham Nasdaq mengakhiri upaya VinFast yang selama bertahun-tahun ingin perusahaan publik dan sejajar dengan Tesla Inc, Lucid Group Inc. dan Rivian Automotive Inc. Menjadi perusahaan terbuka dapat membuka jalan bagi VinFast untuk mengumpulkan lebih banyak modal dengan rencana ekspansinya di pasar AS.