Logo Bloomberg Technoz

Kronologis Kebakaran Hawaii, Saluran Listrik Diduga Penyebabnya

News
15 August 2023 10:10

Kebakaran Maui (Sumber: Bloomberg)
Kebakaran Maui (Sumber: Bloomberg)

David R. Baker dan Mark Chediak - Bloomberg News

Bloomberg, Perlu waktu berminggu-minggu atau berbulan-bulan untuk menentukan penyebab kebakaran yang melanda Hawaii salah satu kebakaran hutan paling mematikan dalam sejarah Amerika Serikat (AS).

Saat ini kemungkinan tertuju pada saluran listrik yang dimiliki oleh Hawaiian Electric Industries Inc., yang sahamnya anjlok lebih dari 40% sejak kebakaran terjadi. Meskipun banyak hal yang bisa memulai percikan api, yang kemudian tertiup angin kencang, saluran listrik memiliki sejarah tragis memicu kebakaran saat terjadi badai angin.

1. Apa penyebab kebakaran di Maui?

Belum diketahui penyebabnya. Hawaiian Electric, yang mengoperasikan listrik pulau, telah mendapatkan kritikan karena tidak mematikan listrik meskipun ada peringatan kondisi kebakaran kritis akibat prediksi angin kering berkecepatan tinggi. Beberapa kebakaran hutan terjadi di Maui pada 8 Agustus, saat badai Dora melintasi selatan kepulauan Hawaii. Perusahaan pada hari itu memperingatkan pelanggan bahwa angin telah merobohkan saluran listrik di Maui Barat, di mana Lahaina berada, dan dekat Kula, di mana kebakaran lain terjadi. Siaran pers perusahaan, yang menyatakan pelanggan mungkin menghadapi pemadaman panjang, namun tidak menyebutkan risiko kebakaran.

Kawasan Lahaina di Hawaii luluh lantak akibat kebakaran hutan. (Sumber: Bloomberg)