Logo Bloomberg Technoz

Waskita (WSKT) Kehilangan Porsi Mayoritas di Waskita Beton (WSBP)

Sultan Ibnu Affan
09 August 2023 09:55

Waskita Beton Precast. (Dok. Waskita Beton Precast )
Waskita Beton Precast. (Dok. Waskita Beton Precast )

Bloomberg Technoz, Jakarta - Emiten BUMN di sektor konstruksi PT Waskita Karya Tbk (WSKT) kehilangan posisinya sebagai pemegang saham mayoritas PT Waskita Beton Precast Tbk (WSBP). Posisi ini terjadi imbas restrukturisasi utang anak usahanya tersebut.

Dalam restrukturisasi, seperti dilansir dari Bloomberg, Rabu (9/8/2023), restrukturisasi dilakukan dengan mengkonversi utang kepada 394 vendor menjadi saham. Total saham yang dikonversi mencapai 28,19 miliar saham, senilai Rp1,43 triliun.

Imbas dari konversi utang ke saham itu, kepemilikan saham publik selaku kreditur berubah menjadi 51,31%. Kemudian, pemegang saham publik non-kreditur menjadi 15,9%. Perubahan struktur itu membuat kepemilikan saham WSKT di WSBP terdilusi hingga tersisa 29,36%.

Sesuai dengan prospektus private placement yang sebelumnya sempat diterbitkan, kepemilikan WSKT di WSBP masih bisa berkurang. Kepemilikan WSKT bahkan akan kembali terdilusi 11,95% menjadi 14,43% jika obligasi wajib konversi (OWK) dilakukan. Rencananya, OWK akan dilakukan di tahun ke-10 setelah perjanjian perdamaian.

Sebelumnya, WSKT memiliki 60% saham di WSBP. Kemudian, sebesar 33% milik masyarakat dan 7% sisanya adalah saham treasury.