Logo Bloomberg Technoz

Raihan yang jika dibandingkan dengan catatan tahun lalu mampu menggalang US$278,1 juta, atau pada 2021 tercatat US$518,9 juta. Kompetitor Neuralink salah satunya adalah Synchron Inc, yang telah mendaftarkan pasien pertamanya dalam uji klinis di Amerika Serikat (AS) tahun 2022, mengalahkan pencapaian Neuralink.

Neuralink belum lama menerima persetujuan dari Badan Pengawas Obat dan Makanan AS (US Food and Drug Administration) untuk melakukan uji klinis pada manusia. Perusahaan sedang mengembangkan perangkat kecil, yang menggunakan kabel elektroda untuk menghubungkan otak ke komputer. Dalam penempatan alat dibutuhkan pengeboran ke dalam tengkorak.

Perusahaan startup milik Musk sebelumnya telah menimbulkan kekhawatiran di kalangan pembela hak-hak binatang. Pasalnya Neuralink melakukan pengujian terhadap primata.

Awal 2023 Departemen Transportasi AS melakukan penyelidikan terhadap perusahaan setelah sebuah organisasi advokasi hewan mengatakan bahwa mereka mendapatkan email yang menunjukkan bahwa Neuralink tidak mengikuti prosedur saat mengirimkan bahan yang mungkin berbahaya.

(bbn)

No more pages