Logo Bloomberg Technoz

SWF Saudi Catatkan Rugi Rp236 T Karena Investasi di SoftBank

News
07 August 2023 20:20

Putra Mahkota Arab Saudi Mohammed bin Salman (Sumber: Bloomberg)
Putra Mahkota Arab Saudi Mohammed bin Salman (Sumber: Bloomberg)

Fahad Abuljadayel —Bloomberg News

Bloomberg, Perusahaan investasi negara atau sovereign wealth funds (SWF) asal Saudi Arabia mengalami kerugian US$15,6 miliar atau sekitar Rp236,62 triliun karena investasi di SoftBank Vision Fund dan beberapa penempatan perusahaan teknologi ventura, imbas dari penurunan nilai pasar.

Selain kerugian investasi senilai US$11 miliar—yang rilis akhir bulan lalu—jumlah tersebut termasuk hasil dari operasional, pajak, dan biaya lainnya, menurut laporan keuangan tahunan yang diterbitkan pada hari Minggu.

Dana Investasi Publik atau the Public Investment Fund (PIF), dibawah kepemimpinan Putra Mahkota Mohammed bin Salman,  menghasilkan pendapatan US$25,4 miliar tahun sebelumnya. Putra 

PIF diketahui meningkatkan proporsi asetnya yang didedikasikan untuk saham-saham Saudi di 2022, dari 24% menjadi 32%. PIF kemudian mengurangi porsi menjadi 10%, dari sebelumnya 20% di International Strategic Assets, entitas yang merangkum portofolio investasi seperti klub Liga Inggris, Newcastle United, dan Blackstone Group LP, yang berinvestasi pada proyek infrastruktur AS.

Ilustrasi SoftBank. (Dok: Bloomberg)