Logo Bloomberg Technoz

IPO Bernilai Rp44 T, Saham Produsen Semikonduktor China Naik

News
07 August 2023 17:50

Ilustrasi teknologi. (Dok: Bloomberg)
Ilustrasi teknologi. (Dok: Bloomberg)

Filipe Pacheco - Bloomberg News

Bloomberg,  Saham perusahaan Hua Hong Semiconductor Ltd. asal China mengalami kenaikan saat perdagangan perdana di bursa Shanghai. Dalam penawaran perdana saham atau IPO, perusahaan produsen semikonduktor ini mampu menggalang dana 21,2 miliar yuan atau US$2,96 miliar (sekitar Rp44,89 triliun).

Penawaran saham perdana Hua Hong menjadi yang terbesar sepanjang tahun 2023 untuk kawasan Asia Pasific. Saham perusahaan naik 15% di awal perdagangan, kemudian kembali jatuh. Total 408 juta saham dijual kepada publik, mewakili 24% dari total keseluruhan saham yang dicatatkan. Nilai saham 52 yuan per saham.

Setengah dari total penawaran perdana saham merupakan jatah dari 30 investor strategis, sedangkan sisanya didistribusikan kepada perusahaan investasi dan investor ritel. Tercatat saham perusahaan yang terdaftar di Hong Kong turun sebanyak 7,6%.

Hua Hong merupakan salah satu produsen dari beberapa perusahaan semikonduktor yang memulai debutnya di China tahun ini. Penawaran saham produsen semikonduktor kepada publik menjadi bagian dari rencana Beijing mendorong pertumbuhan industri.