Logo Bloomberg Technoz

Para Bos Semikonduktor Bakal ke Gedung Putih, Protes Soal China

News
15 July 2023 15:40

Perusahaan produsen cip asal Amerika, Intel. (dok Bloomberg)
Perusahaan produsen cip asal Amerika, Intel. (dok Bloomberg)

Jenny Leonard and Ian King - Bloomberg News

Bloomberg, Para produsen semikonduktor terbesar Amerika memulai upaya terakhir untuk menghentikan pembatasan baru pada penjualan cip mereka ke China. 

Dalam upaya itu, para eksekutif senior perusahaan cip AS akan bertandang ke Washington pekan depan untuk berbicara dengan pejabat administrasi dan anggota parlemen.

CEO Intel Corp., Qualcomm Inc. dan Nvidia Corp. berencana untuk melobi terhadap perpanjangan pembatasan penjualan cip tertentu ke China dan peralatan untuk memproduksi semikonduktor yang akan diluncurkan oleh pemerintahan Joe Biden dalam beberapa pekan ke depan, kata orang-orang yang mengetahui masalah ini.

Meskipun mereka tidak berharap untuk mencegah semua tindakan Biden, perusahaan cip di AS mengharapkan peluang untuk meyakinkan tim Biden bahwa eskalasi akan merusak upaya diplomatik Gedung Putih saat ini untuk melibatkan pejabat China dan membangun hubungan yang lebih produktif, menurut sumber yang meminta untuk tidak disebutkan namanya karena rencana kunjungan tersebut belum bersifat tertutup.

Pendapatan perusahaan chip AS dari China (Blooomberg)