Logo Bloomberg Technoz

Mendag AS Ingatkan Ancaman Banjir Semikonduktor China

News
27 July 2023 11:25

Sekretaris Perdagangan AS, Gina Raimondo (Sumber: Bloomberg)
Sekretaris Perdagangan AS, Gina Raimondo (Sumber: Bloomberg)

Mackenzie Hawkins - Bloomberg News

Bloomberg, Menteri Perdagangan Amerika Serikat (AS) Gina Raimondo mengingatkan akan adanya kelebihan pasokan cip semikonduktor dari China akibat subsidi industri yang diterapkan negara itu. Ia menyebut kombinasi kontrol ekspor dan insentif domestik diperlukan AS dan sekutunya untuk melawan itu.

"Jumlah uang yang dikucurkan China untuk subsidi yang menciptakan kelebihan kapasitas pada cip lanjutan dan cip lama merupakan masalah yang perlu kita pikirkan dan bekerja sama dengan sekutu untuk mengatasinya,” kata Gina Raimondo di sebuah panel yang diselenggarakan oleh American Enterprise Institute, Rabu (26/7/2023).

Menurutnya, AS perlu berinvestasi untuk memproduksi cip kelas atas, sambil mencegah teknologi canggih itu dikuasai China. Saat ini pemerintahan Joe Biden bekerja sama dengan para pemimpin industri dan berkoordinasi dengan para sekutu dalam serangkaian kontrol ekspor baru yang dirancang khusus namun belum diketahui kapan pelaksanaannya.

Ilustrasi industri cip semikonduktor. (dok Bloomberg)

Reimondo mengakui kebijakan kontrol ekspor cip baru yang merupakan pengembangan aturan yang telah dirilis pada Oktober tahun lalu itu akan menghilangkan sebagian pendapatan perusahaan-perusahaan Amerika, tetapi itu sepadan untuk melindungi keamanan nasional.