Logo Bloomberg Technoz

Dana Asuransi Simpanan biasanya hanya mencakup US$250.000 di rekening bank individu. Akan tetapi, setelah Silicon Valley Bank dan Signature jatuh ke dalam kurator pada Maret; FDIC, Federal Reserve, dan Departemen Keuangan melihat potensi ancaman terhadap sistem keuangan, dan mengumumkan pengecualian risiko sistemik untuk kedua bank tersebut. Hal itu mengartikan bahwa semua deposan di institusi akan dibuat utuh untuk mencegah destabilisasi lebih lanjut.

Dana Asuransi Simpanan memiliki cadangan kas lebih dari US$128 miliar di dalamnya pada awal tahun — tetapi terus menyusut seiring dengan setiap kasus kegagalan bank.

Dana ini biasanya diisi dan diisi ulang oleh semua bank yang diasuransikan dengan mengenakan biaya triwulanan yang dikenal sebagai 'penilaian'. Namun, ketika pemerintah memutuskan untuk menutup simpanan yang tidak diasuransikan juga, dikatakan bahwa setiap kerugian dana akan dipulihkan dengan penilaian khusus pada bank, seperti yang dipersyaratkan oleh hukum.

Pada Mei, FDIC merilis rencana aturan yang menguraikan bagaimana penilaian khusus dapat dikumpulkan. Rencana tersebut, yang mendasarkan biaya masing-masing institusi pada perkiraan simpanan yang tidak diasuransikan pada Desember, tidak termasuk US$5 miliar pertama, dapat diubah berdasarkan komentar publik, tetapi, seperti yang terjadi, bank-bank besar berada di ujung tanduk.

FDIC mengatakan institusi keuangan dengan aset lebih dari US$50 miliar akan membayar 95% dari biaya, dan mereka yang memiliki kurang dari US$5 miliar tidak perlu membayar sama sekali.

Satu setengah pekan sebelum proposal dirilis, First Republic Bank juga gagal, menghasilkan tambahan US$13 miliar pada Deposit Insurance Fund, perkiraan FDIC pada saat itu. Akan tetapi, tidak akan ada penilaian khusus terpisah yang dikenakan untuk First Republic, karena bank tersebut dengan cepat dibeli oleh JPMorgan dan pengecualian risiko sistemik tidak dianggap perlu.

--Dengan asistensi dari Hannah Levitt.

(bbn)

No more pages