Logo Bloomberg Technoz

IHSG Dibayangi Sentimen Downgrade Peringkat Utang AS

Muhammad Julian Fadli
03 August 2023 08:15

Karyawan melihat layar pergerakan Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) di Bursa Efek Indonesia (BEI). (Bloomberg Technoz/ Andrean Kristianto)
Karyawan melihat layar pergerakan Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) di Bursa Efek Indonesia (BEI). (Bloomberg Technoz/ Andrean Kristianto)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) pada perdagangan Kamis, 3 Agustus 2023 berpotensi bergerak melemah, tertekan oleh penurunan (Downgrade) peringkat utang Amerika Serikat menjadi rating AA+ oleh Fitch Ratings yang mengejutkan.

Pada perdagangan kemarin, Rabu (2/8/2023) IHSG kehilangan 31,98 poin, atau setara dengan 0,45% dengan menutup perdagangan pada level 6.854,51.

Analisis Teknikal IHSG Hari Ini Kamis 3 Agustus (Bloomberg)

Secara teknikal IHSG berpotensi melanjutkan tren koreksi, dengan menuju area support pada indikator MA-200 pada area level 6.837. Dengan selanjutnya terdapat support kuat IHSG pada level 6.808.

Adapun untuk resistance ada trendline garis kuning yang menarik dicermati pada level 6.890 sebagai target penguatan terdekat.

Sentimen pada perdagangan hari ini datang dari eksternal, mengenai langkah Fitch Ratings yang secara mengejutkan melakukan pemangkasan peringkat utang Amerika Serikat (AS), sekaligus meningkatkan kekhawatiran akan aset-aset yang berisiko, seperti saham dan beralih ke aset yang lebih aman (Haven Assets).