Logo Bloomberg Technoz

Ancaman Besar Bagi Pariwisata Bali: Tsunami Sampah

News
01 August 2023 15:40

Potret wisatawan di Bali. (Sumber: Bloomberg)
Potret wisatawan di Bali. (Sumber: Bloomberg)

Kathryn Romeyn - Bloomberg News

Bloomberg, Selama enam pekan belakangan, lembaga swadaya masyarakat Indonesia, Sungai Watch, mengumpulkan lebih dari 40 ton sampah dari teluk Jimbaran di Bali. Kawasan tersebut dikenal dengan berbagai macam restoran makanan laut, tempat selancar, hingga Four Seasons Resort yang indah.

Tsunami sampah seperti ini telah menjadi masalah yang berulang di Bali. Sampah-sampah tersebut hanyut dari pulau Jawa, pulau terpadat di dunia, setiap tahunnya selama musim hujan. Ketika pariwisata kembali bangkit setelah pandemi, kesadaran global akan masalah ini meningkat berkat video-video yang viral di media sosial dan peliputan berita. 

"Ketika seluruh garis pantai tertutup plastik, ini adalah krisis besar," kata Gary Bencheghib (28 tahun) salah satu dari tiga bersaudara kelahiran Prancis yang dibesarkan di Bali, yang mendirikan Sungai Watch pada 2020.

Pariwisata pulau Bali. (dok Bloomberg)

Sejumlah destinasi di Indonesia sangat bergantung pada pariwisata, termasuk Bali, yang mengandalkan industri ini untuk menghasilkan lebih dari setengah PDB-nya. Setelah pandemi, Bali mencatat kenaikan pengunjung internasional dari 2,88 juta per tahun pada 2012 menjadi 6,3 juta pada 2019. Diketahui, sektor pariwisata menyumbang US$7,8 miliar untuk ekonomi Bali.