Logo Bloomberg Technoz

Permintaan Cip Membaik, Saham Intel Lompat 8%

News
28 July 2023 08:50

Perusahaan produsen cip asal Amerika, Intel. (dok Bloomberg)
Perusahaan produsen cip asal Amerika, Intel. (dok Bloomberg)

Ian King - Bloomberg News

Bloomberg, Saham Intel melonjak setelah produsen cip tersebut mengumumkan berakhirnya kemerosotan pada cip komputer PC dan mengatakan semester kedua tahun ini akan menunjukkan bahwa comeback yang telah lama ditunggu-tunggu.

Pelopor cip ini melaporkan keuntungan yang mengejutkan pada kuartal kedua dan memberikan perkiraan penjualan bullish untuk periode saat ini yang melampaui perkiraan para analis. Hal ini mendorong sahamnya naik sekitar 8%.

Prospek menunjukkan Intel telah berbelok setelah permintaan yang lamban untuk cip komputer PC menghancurkan bisnisnya. CEO Pat Gelsinger mengatakan bahwa inventaris komponen PC kini kembali normal dan mendorong pelanggan untuk melanjutkan pesanan. Ia mengharapkan pemulihan yang berkelanjutan di semester kedua tahun ini.

Gelsinger mengatakan kelesuan permintaan di di China dan permintaan yang lebih lemah dari perkiraan di beberapa cloud dan pelanggan korporat membebani divisi ini. Meski kemerosotan itu akan bertahan hingga kuartal ketiga, dia mengharapkan pemulihan terjadi dalam tiga bulan terakhir tahun ini.