Logo Bloomberg Technoz

Saat dia berbicara, pasar uang untuk bulan September menempatkan peluang kenaikan lain kurang dari 40%, sekitar 50/50 sebelumnya. Obligasi naik, dipimpin oleh catatan jangka pendek yang termasuk yang paling sensitif terhadap kebijakan moneter. Imbal hasil dua tahun Jerman turun sebanyak 12 basis poin menjadi 3,02%, sedangkan imbal hasil 10 tahun turun 8 basis poin menjadi 2,40%.

Euro turun sebanyak 0,75% menjadi sekitar $1,10, dengan kerugian yang diperparah oleh data ekonomi AS yang kuat.

ECB juga menetapkan remunerasi cadangan minimum sebesar 0% – sebuah langkah yang katanya akan meningkatkan efisiensi kebijakan moneter.

"Keputusan di masa depan akan memastikan bahwa suku bunga utama ECB akan ditetapkan pada tingkat yang cukup membatasi selama diperlukan," katanya dalam sebuah pernyataan. “Dewan Pengatur akan terus mengikuti pendekatan yang bergantung pada data untuk menentukan tingkat dan durasi pembatasan yang sesuai.”

Seperti di AS, di mana Federal Reserve menaikkan suku bunga pada hari Rabu, analis dan investor menganggap ECB sekarang berada di - atau selangkah lagi dari - puncak biaya pinjaman. Namun, para pejabat di Frankfurt harus melangkah dengan hati-hati karena pengetatan mereka semakin terasa. Pertumbuhan ekonomi zona euro genting, sementara permintaan pinjaman bank anjlok.

(bbn)

No more pages