Logo Bloomberg Technoz

Samsung Pangkas Produksi Cip Sambil Kembangkan Teknologi Baru

News
27 July 2023 16:55

Ilustrasi ponsel lipat Samsung Electronics Co., TM Roh. (dok Bloomberg)
Ilustrasi ponsel lipat Samsung Electronics Co., TM Roh. (dok Bloomberg)

Sohee Kim, Yoolim Lee dan Vlad Savov - Bloomberg News

Bloomberg, Samsung Electronics Co. akan kembali memangkas produksi cip memori dan berharap pada peningkatan penjualan pada paruh kedua tahun ini, saat permintaan kecerdasan buatan atau AI (Artificial Intelligence) mendorong permintaan terhadap teknologi global pasca-Covid.

Samsung pada Kamis (27/7/2023) melaporkan laba bersih yang lebih baik dari perkiraan. Perusahaan mengatakan, kecerdasan buatan akan memberikan dorongan akan permintaan terhadap memori sebelum akhir tahun. Perusahaan terbesar di Korea tersebut berencana menggandakan kapasitasnya untuk membuat High Bandwidth Memory (HBM) pada 2024. HBM merupakan sebuah program yang digunakan untuk membantu melatih AI. 

Prospek dan komitmen Samsung untuk mengembangkan teknologi baru didorong oleh investor yang menguatkan saham perusahaan menjadi 2,7% lebih tinggi di Seoul. Fokus Samsung saat ini adalah berpacu dengan SK Hynix Inc. untuk mengembangkan alat pendukung AI, yang memungkinkan dua pembuat cip memori terbesar di dunia itu memanfaatkan momentum yang muncul sejak ChatGPT milik OpenAI memikat para investor dan konsumen pada musim gugur lalu.

Sampai permintaan itu muncul, Samsung dan Hynix berniat untuk mengatasi ketidakpastian ekonomi saat ini dengan membatasi produksi chip NAND yang digunakan di PC dan ponsel agar dapat menahan penurunan harga.