Logo Bloomberg Technoz

Pertumbuhan KPR Bakal Meningkat, Saham Properti Bergairah

Muhammad Julian Fadli
20 July 2023 18:20

Ilustrasi perusahaan properti (Sumber: Bloomberg)
Ilustrasi perusahaan properti (Sumber: Bloomberg)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Performa sejumlah saham properti di pasar modal Indonesia mengalami kenaikan atau tren positif. Hal ini diduga akibat prediksi peningkatkan pertumbuhan kredit baru terutama Kredit Pemilikan Rumah (KPR) pada 3 bulan ke depan.

Berdasarkan pantauan Bloomberg Technoz saham PT Bumi Serpong Damai Tbk (BSDE) naik 4,89% ke posisi Rp1.180/saham. Sektor properti, yang jadi perkumpulan saham-saham pengembang real estat atau perumahan serta pengembang properti juga mencatat kenaikan 1,70%, atau jadi yang paling tinggi, pada Kamis (20/7/2023).

Peningkatan juga terjadi pada sektor energi, barang baku, dan keuangan dengan kenaikan masing-masing 1,47%, 0,88%, dan 0,64%.

Pergerakan Saham BSDE Kamis (20/7/2023) (Bloomberg)

Diketahui, pada kuartal II-2023, pertumbuhan kredit perbankan diprediksi lebih tinggi dibandingkan dengan kuartal I-2023, terutama didorong kenaikan penyaluran Kredit Modal Kerja, KPR dan kredit konsumsi lain. Hal ini didukung kebijakan penyaluran atau lending standard yang lebih longgar. 

Adapun jenis pembiayaan yang paling banyak diajukan oleh rumah tangga ke depan adalah KPR, Kredit Kendaraan Bermotor (KKB) dan kredit peralatan rumah tangga. "Kebutuhan terhadap KPR, KKB, kredit peralatan rumah tangga dan kartu kredit diprediksi meningkat pada 3 bulan mendatang," jelas Bank Indonesia (BI) dalam survei yang dikutip hari Kamis (20/7/2023).