Logo Bloomberg Technoz

Indonesia Incar Posisi Keanggotaan Tetap di OECD

Sultan Ibnu Affan
20 July 2023 11:50

Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto (Dok. Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian)
Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto (Dok. Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto mengatakan Indonesia tengah memroses status keanggotaan tetap di Organisation for Economic Co-operation and Development (OECD), sebuah organisasi kerja sama ekonomi dunia yang berbasis di Paris.

Airlangga menyampaikan telah bertemu dengan Sekretaris Jenderal OECD Mathias Cormann belum lama ini. Menurutnya, hasil pertemuan tersebut adalah Indonesia menjadi mitra kunci OECD.

"Minggu lalu saya berkomunikasi dengan Sekjen OECD untuk melaksanakan arahan Presiden Jokowi bahwa kita sudah memulai memproses menjadi anggota OECD," ujar Airlangga dalam forum Indonesia Data and Economic Conference 2023, Kamis (20/7).

Airlangga mengatakan dengan status Indonesia sebagai negara berpendapatan menengah atas, Indonesia memiliki kapabilitas untuk menjadi mitra kunci OECD yang mayoritas beranggotakan negara-negara maju. 

Indonesia akan menyusul jejak Jepang dan Korea Selatan sebagai negara Asia yang menjadi anggota OECD. Airlangga mengatakan kedua negara Asia Timur tersebut menjadi anggota OECD setelah lolos dari jebakan negara berpendapatan menengah.