Logo Bloomberg Technoz

Hasil Investigasi Kemendagri: Tak Ada 337 Juta Data KTP Bocor

Ezra Sihite
17 July 2023 16:15

Ilustrasi KTP (Bloomberg Technoz)
Ilustrasi KTP (Bloomberg Technoz)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Dirjen Dukcapil Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) Teguh Setyabudi menyampaikan informasi terbaru penelusuran data NIK atau KTP bocor yang sempat beredar di media sosial. Teguh mengatakan, hingga saat ini, setelah dilakukan investigasi dengan Badan Siber dan Sandi Negara (BSSN), tidak ditemukan adanya kebocoran maupun pencurian data NIK.

"Sejauh ini tidak ditemukan jejak kebocoran data pada SIAK (Sistem Informasi Administrasi Kependudukan) terpusat online yang dijalankan oleh Ditjen Dukcapil Kemendagri saat ini," kata Teguh kepada Bloomberg Technoz, Senin siang (17/7/2023).

Namun kata dia, Kemendagri dan pihak terkait tetap mendalami dugaan kebocoran data KTP tersebut untuk lebih memastikan data-data tersebut aman. Mitigasi juga terus dilakukan.

"Termasuk database yang ada di kabupaten/kota, sekaligus mitigasi preventif untuk pencegahannya di masa yang akan datang," katanya lagi.

Pada Senin pagi, informasi soal data KTP yang bocor kembali menghebohkan publik. Apalagi informasi ini muncul tak lama setelah ada kasus kebocoran data paspor hingga 34 juta WNI yang disebutkan diperjualbelikan di dunia maya.